Random Post

Sebenarnya 1 GB itu Berapa MB? Cek Selengkapnya Disini

Berbicara soal internet, tentu kita tidak terlepas dari yang namanya kuota dan juga kecepatan akses. Saat ini, internet sudah seperti kebutuhan pokok beberapa orang dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari, mulai dari berinteraksi lewat media sosial, mencari informasi serta melakukan transaksi.

Untuk bisa mengakses atau berselancar di internet, tentunya kamu membutuhkan sedikit modal untuk membeli kuota internet. Kuota internet yang disediakan tentunya beragam, mulai dari yang harganya murah hingga yang paling mahal dengan kuota yang lebih besar pula. Semua penyedia layanan internet biasanya menawarkan konektivitas internet dalam bentuk paket kuota dengan embel-embel GB (Gigabyte), namun di rinciannya menggunakan MB (Megabyte). Dengan demikian, sebagian orang akan merasa sedikit bingung tentang bagaimana membaca detail kuota yang dimilikinya sekarang. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbandingan antara KB, MB, GB hingga seterusnya sehingga anda menjadi lebih paham lagi.

Sebenarnya 1GB Berapa MB?

Pada dasarnya untuk menghitungnya mirip-mirip seperti yang pernah kamu belajar waktu di bangku SD. Seperti pada Matematika menunjukkan 1 Kg sama dengan 1000 gram, sedangkan pada satuan komputer menunjukkan 1 KB sama dengan 1024 B.


Mengapa menjadi 1024 B bukan 1000 B ? Karena menggunakan bilangan biner di dalamnya, konversi satuan di sistem data komputasi memiliki kelipatan "2 pangkat n x 10".

Jadi untuk menghitung 1 KB adalah 2 pangkat 1 x 10 = 1024 B

Selengkapnya silahkan kamu cek pada tabel dibawah ini:

1 YB (Yottabyte)           =  1024 ZB
1 ZB (Zettabyte)           =  1024 EB
1 EB (Eksabyte)            =  1024 PB
1 PB (Petabyte)            =  1024 TB
1 TB (Terabyte)            =  1024 GB
1 GB ( Gigabyte)          =  1024 MB
1 MB (Megabyte)         =  1024 KB
1 KB (Kilobyte)            =  1024 B

Jadi buat kamu yang selama ini bertanya-tanya sebenarnya 1gb itu berapa mb? Jawabannya 1GB sama dengan 1024 MB. Sekian dulu artikel dari saya kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah.