Random Post

10 Penyebab Kerusakan Pada Hardisk Laptop

10 penyebab kerusakan pada hardisk laptop - Laptop merupakan alat elektronik yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Sebagai alat elektronik,laptop rentan mengalami kerusakan. Salah satunya adalah pada bagian hardisk laptop. Oleh karena itu pada postingan kali ini saya akan membagi sedikit artikel tentang beberapa Penyebab Kerusakan pada Hardisk Laptop


Berikut ini adalah beberapa penyebab kerusakan hardisk laptop :

1. Usia Hardisk

Usia hardisk yang terlalu lama merupakan salah satu faktor yang dapat meyebabkan kerusakan pada hardisk. Hal ini sudah dapat dimaklumi,namun dengan perawatan yang baik dan tepat,hardisk anda akan menjadi lebih awet dan bahkan bias kita wariskan kepada anak dan cucu kita,hehehehe.

2. Over Heat

Panas yang berlebihan dapat memicu kerusakan hardisk. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hampir semua peralatan listrik mengalami efek samping yaitu terjadinya panas akibat perubahan energy listrik. Untuk mencegah hal tersebut,kita dapat menggunakan pendingin tambahan pada hardisk (coolpad). Harganya di pasaran pun relatif murah,kurang lebih 20 ribu rupiah.

3. Jatuh atau Terbentur

Terkadang tiba-tiba saja laptop atau notebook yang kita bawah jatuh atau terbentur dengan benda benda keras lain. Hal ini dapat merusk hardisk laptop tersebut. Untuk menghindari hal tersebut,anda dapat membawa laptop menggunkan tas yang aman dan tidak berdesakan dengan buku-buku atau benda keras lainnya yang ada didalam tas.

4. Mematikan computer tidak sesuai prosedur


Mematikan Komputer/Laptop dengan langsung menekan tahan tombol power akan berakibat fatal untuk kondisi hardisk dan akan memperpendek umur hardisk anda. Saya pernah mengalami hal ini dan dalam dua bulan laptop saya langsung rusak hardisknya. Jadi pastikan anda mematikan Komputer anda dengan prosedur shutdown yang tepat.

5. Aktivitas hardisk yang berlebihan

Terlalu sering bermain game,menonton film atau video dan memutar music secara lama dapat menggangu kesehatan hardisk. Maksimal menggunakan laptop adala 3 jam saja,setelah lebih dari 3 jam maka matikan laptop anda dan istirahatkan kurang lebih 1 setengah jam. Jadi anda harus bijak dalam menggunakan Komputer atau Laptop.

6. Sering terjadi listrik padam atau listrik tidak stabil


Listrik padam secara tiba-tiba akan mengakibatkan Komputer anda mati mendadak. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk. Jadi jika didaerah anda sering terjdi listrik padam maka gunakanlah pengaman tegangan seperti UPS dan Stavolt.

7. Membawa laptop dalam kondisi menyala


Saat laptop dalam kondisi menyala,sebaiknya anda tidak membawa laptop kemana-mana karena akan beresiko terkena guncangan yang berlebihan. Sebaiknya saat ingin memindahkan laptop,anda harus sleep atau stand by saja dulu biar aman.

8. Terlalu sering atau tidak sama sekali melakukan defrag

Defrag bertujuan untuk melakukan perawatan hardisk. Namun jika terlalu sering melakukannya atau bahkan tidak pernah melakukannya,maka akan menyebabkan bad sector pada hardisk. Jadi saya sarankan agar melakukannya dalam 2-3 bulan sekali.

9. File tidak tersusun rapih dan banyak file sampah


File file sampah baik yang ada di Recycle bin maupun yang lain seharusnya dibuang atau dihapus,karena hal ini berguna untuk merawat hardisk. Begitu pula dengan file-file yang tidak tersusun rapih akan menyebabkan file saling menimpa dan head hardisk akan membaca secara acak karena susunannya tidak rapih. Hal ini akan menyebabkan bad sector pada hardisk.

10. Sering melakukan install dan uninstall program maupun Windows

Terlalu sering melakukan penginstalan program maupun uninstall program akan menyebabkan hardisk mudah mengalami bad sector. Sama halnya jika terlalu sering melakukan penginstalan Windows


Itulah 10 penyebab kerusakan pada hardisk laptop. Semoga setelah membaca artikel diatas,anda semua bisa menggunakan computer anda dengan baik dan bijak agar tidak terjadi kerusakan pada hardisk. Sekian postingan saya kali ini,jangan lupa tinggalkan komentar anda setelah membaca.