Random Post

7 Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Blog yang sepi pengunjung akan membuat tanda tanya yang besar bagi pemilik blog. Trafik blog merupakan tujuan pertama sebuah blog, terutama bagi blogger yang mencari uang dari internet. Dengan jumlah pengunjung yang sangat sepi di blog, tidak akan bisa menghasilkan uang dari Blog. Penyebab visitor blog sepi banyak sekali, namun ada beberapa faktor yang paling sering yang membuat blog sepi pengunjung. Berikut ini adalah 7 penyebab blog sepi pengunjung.

7 Penyebab Blog Sepi Pengunjung

1. Jumlah artikel sedikit

Yang pertama ini tidak perlu ditanya lagi. Jika jumlah postingan sedikit apa lagi yang mau dibaca pengunjung ?. Sebagai contoh jika anda hanya memiliki 10 postingan saja maka pengunjung hanya memiliki 10 kesempatan untuk membaca di blog kita. Semakin banyak jumlah postingan maka akan semakin banyak peluang pengunjung menemukan blog anda. Tapi jika anda hanya memiliki sedikit waktu untuk menulis artikel tidak apa-apa,minimal 2 artikel dalam seminggu.

2. Peringkat blog rendah

Bagaimana blog kita bisa mendapat tempat di SERP jika blog anda tidak memiliki kekuatan dalam kompetisi di mesin pencari. Persaingan perebutan halaman pertama google semakin sengit, sementara halaman pertama google hanya tersedia untuk 10 postingan saja. Satu-satunya cara adalah memperdalam ilmu SEO anda agar blog anda mampu bersaing dalam kompetisi di mesin pencari.

3. Postingan kurang menarik

Dalam hal ini artinya informasi yang anda sajikan kurang diminati sehingga blog anda sepi. Misalnya anda memposting informasi yang jarang dibutuhkan oleh orang banyak. Contohnya anda menulis sebuah artikel yang berjudul ini atau itu. Sementara orang yang tahu artikel tersebut hanya anda dan beberapa orang saja. Jadi pastikan anda memposting artikel yang menarik dan membuat penasaran para pengunjung.

4. Menu Navigasi buruk

Blog yang tidak dilengkapi dengan pilihan artikel atau label yang mudah dilihat dapat membuat pengunjung kesulitan membuka halaman lainnya karena menu navigasi tidak ada. Akibatnya bounce rate akan semakin tinggi sehingga mesin pencari menganggap blog anda berkinerja buruk dan tidak bermanfaat bagi pengguna. Tentu saja postingan anda akan dibenam di halaman belakang mesin pencari. Bagaimana pengguna bisa melihat blog anda jika blog anda berada halaman akhir. Saran saya sebaiknya anda menyertakan widget Label atau yang lainnya pada blog anda.

5. Loading blog berat

Tidak semua pengguna internet memiliki koneksi internet yang cepat. Banyak pengguna windows XP yang berselancar di warnet dengan signal yang kurang bagus sehingga mereka tidak akan berhasil membuka blog anda dan akhirnya terpental alias back. Akibatnya blog anda mendapat rasio pentalan yang tinggi di google. Akhirnya trafik blog sekarat meskipun anda tiap hari update artikel. Untuk mengurangi loading yang berat, anda dapat menghapus widget yang tidak penting di blog anda.

6. Tidak SEO

Blogger professional harus paham dengan SEO jika ingin blog yang anda kelola memiliki trafik yang tinggi. Paling tidak, anda harus memahami pentingnya blogwalking dalam SEO, pentingnya update rutin atau terjadwal, pentingnya mempertahankan peringkat blog dan yang lainya. Peringkat blog yang turun akan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mengembalikannya. Artinya kesalahan sedikit dalam SEO bisa berakibat fatal. Jika anda melakukan update artikel secara rutin setiap hari sama dengan anda peduli dengan SEO.

7. Search Engine belum Mengindex Artikel Anda

Pada umumnya pengunjung sebuah blog datang dari search engine seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya. Namun bagaimana pengunjung dapat datang ke blog anda melalui search engine jika artikel yang anda tulis belum terindeks search engine.

Itulah beberapa penyebab blog sepi pengunjung. Semoga setelah membaca artikel diatas,anda dapat mengatasi blog anda yang sepi pengunjung. Sekian dan terima kasih.